Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Rakor IKP Untuk Mendukung Diseminasi Informasi Seputar Covid-19

Berita

Rakor IKP Untuk Mendukung Diseminasi Informasi Seputar Covid-19

Selama kurun waktu tiga tahun bernaung di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang, akhirnya bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) dapat menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk mengevaluasi segala kegiatan yang telah terealisasi maupun yang masih dalam tahap perencanaan, di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Rabu (6/5/2020).

Rakor kali ini merupakan yang pertama semenjak adanya perubahan tugas pokok dan fungsi di bidang IKP yang semula hanya membawahi dua seksi, kini menjadi tiga seksi. Yaitu Seksi Kehumasan dan Kemitraan Komunitas, Seksi Pengelolaan Opini dan Layanan Hubungan Media serta Pelayanan Informasi Publik.

Di samping itu, tugas utama bidang IKP adalah mendukung diseminasi informasi, khususnya seputar perkembangan pandemi Covid-19.

“Dalam menghadapi wabah virus Corona kita ingin kinerja dari teman-teman IKP lebih meningkat. Adanya pandemi ini membuat pekerjaan di Dinas Kominfo akan berpotensi paling banyak pada bidang IKP, sebab tugas utamanya adalah diseminasi informasi tentang langkah yang diambil Pemerintah dalam mencegah dan menanganani wabah,” papar Kepala Bidang IKP Puji Setyowati.

Lebih lanjut, Puji menerangkan, wujud dukungan IKP dengan memfasilitasi sejumlah rakor Pemkab Batang melalui video coference.

Program lain yang segera terealisasi antara lain kegiatan pembelajaran dengan mengundang tenaga kependidikan yang disiarkan melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Abirawa FM bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada 1 Juni mendatang.

“Pekan depan LPPL Abirawa FM pun akan mengundang psikolog dari Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi), untuk mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dalam menghadapi pandemi Covid-19,” terangnya.

Ia mengutarakan, untuk lebih meningkatkan peran aktif LPPL Radio Abirawa FM dalam diseminasi informasi seputar pencegahan Corona, dengan mengintensifkan dialog interaktif bersama Dinas Kesehatan, RSUD, BPBD, PKK, Dinas Sosial dan Dinas Ketenagakerjaan.

“Dapat pula mengundang Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, seperti Polres Batang dan Kodim 0736/Batang yang berkaitan langsung,” katanya.

Puji menambahkan, di bidang infrastruktur, IKP sedang mempersiapkan siaran radio secara online menggunakan media gawai. “Sudah dirancang siaran radio lewat ponsel android yang dibantu tenaga ahli teknologi informasi, tinggal menunggu izin dari pihak terkait,” tandasnya.