Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Pertahankan Kategori Informatif, Pemkab Batang Lakukan Visitasi Keterbukaan Informasi

Berita

Pertahankan Kategori Informatif, Pemkab Batang Lakukan Visitasi Keterbukaan Informasi

Batang Pemerintah Kabupaten Batang menerima tim visitasi keterbukaan informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang Batang, Kabupaten Batang, Kamis (2/11/2023).

Batang Pemerintah Kabupaten Batang menerima tim visitasi keterbukaan informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang Batang, Kabupaten Batang, Kamis (2/11/2023).

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Setiadi mengatakan, bahwa keterbukaan informasi akan memberikan kemudahan-kemudahan yang ditampilkan di website, media sosial ataupun informasi-informasi yang sudah tersedia, itu akan mempermudah masyarakat.

“Untuk Kabupaten Batang sendiri sudah masuk kategori Informatif dari 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Hanya persoalannya bagaimana tahun 2023 bisa mempertahankan status itu, dan harus menyiapkan strategis khusus,” jelasnya.

Makanya, kami hadir disini untuk memberikan pendampingan, menilai, dan mengevaluasi untuk PPID Kabupaten Batang.

“Jadi kita bersama-sama, soliditas, kolaborasi dan koordinasi, untuk menuju bahwa informasi yang kita sediakan nanti sinkron, antara dari desa, kemudian dengan kecamatan, dengan kabupaten dan nanti menginduk langsung kepada provinsi,” terangnya.

Setiadi juga mengatakan, bahwa yang terpenting dalam keterbukaan informasi adalah output dan outcomenya.

“Outputnya untuk internal, nanti bisa memotivasi setiap saat, jangan sampai kudet atau kurang , kemudian untuk outcomenya atau untuk nilai lebihnya bisa diakses oleh semua pengguna informasi diseluruh dunia, disegala lini, disegala keperluan dan di segala situasi,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekda Batang Ari Yudianto menyampaikan, pada tahun 2022 Kabupaten Batang pada keterbukaan informasi seluruh Jawa Tengah mendapatkan kategori Informatif.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan, mengevaluasi serta menambah kualitas layanan public,” harapnya.

Ari juga menekankan, akan terus berupaya untuk meningkatkan layanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang, sehingga dapat memperoleh predikat badan publik yang Informatif bisa dipertahankan. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)