Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Tower Repeater RAPI Batang di Ketinggian 1.870 Mdpl Tembus Hingga Kudus

Berita

Tower Repeater RAPI Batang di Ketinggian 1.870 Mdpl Tembus Hingga Kudus

Batang - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Batang secara resmi sudah memiliki Tower Repeater (penguat sinyal) yang berlokasi Bukit Siderik Desa Pranten Kecamatan Bawang.

Batang - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Batang secara resmi sudah memiliki Tower Repeater (penguat sinyal) yang berlokasi Bukit Siderik Desa Pranten Kecamatan Bawang.

Tower Repeater yang berlokasi di ketinggian 1.870 mdpl itu, diklaim mampu menjangkau seluruh Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal. Bahkan jangkauan paling jauh sampai Kabupaten Kudus dengan suara sangat jernih sekali.

Pembangunan Tower Repeater menggunakan dana hibah dari APBD Pemkab Batang tahun 2023 sebesar Rp30 juta. Tower itu berdiri di tanah milik Perhutani.

“Ketinggian tower sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) 24 meter yang terdiri dari 6 speed di lokasi bukit Siderik Desa Pranten di ketinggian 1870 mdpl,” kata Ketua RAPI Batang, Bahri saat dihubungi melalui gawai, Rabu (16/8/2023).

Tower Repeater, untuk membantu komunikasi melalui radio sebagai akses informasi kepada masyarakat Batang yang utamanya untuk tanggap bencana yang di daerah tidak terjangkau oleh sinyal telepon seluler.

“Manfaatnya untuk komunikasi kebencanaan, SAR, Kepramukaan dan kegiatan kemasyarakatan yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang Triossy Juniarto menambahkan, bahwa dalam kondisi darurat seperti bencana alat ini berperan sangat penting.

Misalnya ketika sedang terjadi bencana alam, di mana jalur komunikasi publik seperti gawai dan seluler terputus untuk beberapa waktu. HT  masih berfungsi dengan baik.

“Pembangunan Tower Repeater ini untuk kepentingan bersama dalam rangka membangun Kabupaten Batang dalam hal sarana komunikasi,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)