Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Berita : 20 Badan Publik Siap Ikuti Pemeringkatan PPID

Berita

20 Badan Publik Siap Ikuti Pemeringkatan PPID

Menuju Pemeringkatan PPID Pembantu dan Desa, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama menggelar verifikasi data atau desk yang diikuti 43 badan publik, terdiri dari 26 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 17 desa, yang telah mengembalikan formulir Self Assesment Quetionaire (SAQ) di Bappelitbang Kabupaten Batang, Rabu (4/9/2019).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Batang sekaligus PPID Utama, Puji Setyowati mengatakan, desk ini bertujuan untuk mencocokan data SAQ yang telah diisi dan dikembalikan dengan ketersediaan data yang dimaksud, untuk menentukan penilaian dalam pemeringkatan.

Lebih lanjut, Puji menerangkan, dari 43 badan publik yang mengikuti desk ini, akan diputuskan 10 Badan Publik Perangkat Daerah dan 10 Badan Publik Desa, untuk mengikuti tahapan uji publik, yang rencananya akan diselenggarakan 24 September mendatang.

“Setelah melihat secara sekilas, ada beberapa badan publik yang kemungkinan mempunyai nilai cukup tinggi,” tuturnya.

Menurutnya, selama ini badan publik desa memang memiliki respon yang sangat bagus. Rata-rata informasi yang mereka sampaikan sudah sesuai dengan standar yang dikehendaki.

“Selama ini desa sudah bisa menyiapkan setiap informasi yang diminta, seperti informasi berkala,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pengelola PPID Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah, Solahuddin Hidayat menuturkan, desk ini bermanfaat bagi para pengelola PPID Desa, untuk memaparkan semua yang telah dilakukan selama ini. Untuk pemeringkatan kali ini, Desa Kemiri Barat sudah menyiapkan program unggulan yang lebih canggih dari sebelumnya.

“Kalau dulu informasi yang disajikan hanya dalam bentuk foto, namun kali ini sudah dimodifikasi dalam bentuk video, seperti layaknya penyampaian berita di televisi,” terangnya.

Ia menjelaskan, berita atau informasi yang disampaikan antara lain yang berhubungan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, acara lomba Festival Anak Soleh Indonesia yang diselenggarakan di Desa Kemiri Barat dan transparansi anggaran. (Mc Batang Jateng/Heri)

Bagikan ke Jejaring Sosial