Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / RRI Semarang Jalin Kerja Sama dengan Radio Abirawa untuk Quick Count Pemilu

Berita

RRI Semarang Jalin Kerja Sama dengan Radio Abirawa untuk Quick Count Pemilu

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Semarang siap menjalin kerja sama dengan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Abirawa FM Batang, dalam proses hitung cepat/quick count dan laporan cepat/quick report, yang merupakan program nasional.

Dalam kunjungannya di LPPL Radio Abirawa FM Batang, Selasa (12/3/2019), Reporter LPP RRI Semarang, Edo Bagus Jatmiko mengemukakan, untuk menyukseskan program nasional tersebut, LPP RRI Semarang membutuhkan peran dari para relawan yang berkompeten di bidang kejurnalistikan yang dibantu enam relawan dari kalangan masyarakat umum.

Menurutnya, relawan yang dianggap paling berkompeten dalam karya jurnalistik, adalah insan-insan radio. Dikarenakan LPPL memiliki tubuh yang sama dengan LPP RRI, maka sudah sewajarnya jika keduanya menjalin kerja sama.

“Khusus untuk program quick report dan quick count, selain LPP RRI menerjunkan para relawan dari kalangan masyarakat umum, kita juga melibatkan insan-insan radio, sehingga dengan kemampuan yang dimilikinya bisa menambah kualitas informasi yang disampaikan,” terangnya.

Edo menerangkan, ada sedikit perbedaan jika quick count di tahun 2014 dipublikasikan, tapi untuk tahun 2019 tidak dipublikasikan. Nantinya data-data yang diperoleh dari para konteibutor hanya menjadi database penelitian yang akan diolah oleh Litbang RRI.

“Selain itu, kontributor juga harus melakukan quick report, yaitu menyampaikan laporan terkini pada saat proses pencoblosan di tempat pemungutan suara yang sudah dijadikan sampling oleh LPP RRI Pusat. Dan itupun tidak disiarkan, hanya dijadikan database bagi Litbang RRI, untuk mengetahui peta keseluruhan jalannya proses pencoblosan pada 17 April mendatang,” paparnya.

Sementara Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang, Puji Setyowati, mengungkapkan rasa bangga dan dukungan sepenuhnya terhadap program quick count dan quick report yang akan diselenggarakan oleh LPP RRI Semarang, dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019.

“LPPL menjadi sangat penting, untuk menyampaikan informasi seputar kepemiluan, terutama tentang proses pemungutan suara pada Pilpres dan Pileg 2019,” tutur Puji yang juga menjabat sebagai Direktur LPPL Radio Abirawa FM.