Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Pemkab Batang Lakukan Evaluasi Implementasi Program Smart City 2022

Berita

Pemkab Batang Lakukan Evaluasi Implementasi Program Smart City 2022

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang mengikuti Evaluasi Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 di Ruang Command Center, Kabupaten Batang, Kamis (6/10/2022).

Pemkab Batang Lakukan Evaluasi Implementasi Program Smart City 2022


Batang - Pemerintah Kabupaten Batang mengikuti Evaluasi Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 di Ruang Command Center, Kabupaten Batang, Kamis (6/10/2022).

Penjabat (Pj) Bupati Batang memaparkan, program-progam Smart City yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Batang dari 6 (enam) dimensi Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

“Kabupaten Batang menjadi bagian dari Program Gerakan Menuju 100 Smart City sejak tahun 2018. Setiap tahun secara konsisten menyelenggarakan dan mengevaluasi program Smart City sebagaimana dalam Masterplan,” jelasnya. 

Dijelaskannya, Smart City merupakan implementasi Misi dalam RPJMD 2017-2022 serta Indeks Smart City adalah salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU), sehingga pelaksanaanya harus dilaksanakan sesuai dengan target. 

“Kepala Daerah berkomitmen terhadap kebijakan Smart City dengan menerbitkan Perbup tentang Smart City dan Masterplan Smart City serta dukungan anggaran dalam program Smart City,” terangnya. 

Ia juga mengimbau, kepada Perangkat Daerah setiap tahunnya untuk menciptakan minimal tiga inovasi yang efektif, efisien dan sederhana khususnya dalam pelayanan masyarakat.

Adapun capaian program Smart City di Kabupaten Batang Smart Governance 89,7 persen, Smart Branding 85,7 persen, Smart Economy 80 persen, Smart Living 83,3 persen, Smart Society  83,3 persen dan Smart Environment 100 persen.

“Selain itu, lanjut dia, Pemkab Batang juga merencanakan untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan infrastrukur, pengembangan aplikasi serta literasi,” imbuhnya.

Ia berharap, semoga Program Smart City akan terus berjalan untuk mengawal Kabupaten Batang menjadi kota industri dan kota wisata baru berbasis Smart City di Indonesia, seiring dengan adanya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

Sementara itu, Evaluator Smart City, yang diketuai Rini Rachmawati, praktisi Smart City dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menyampaikan, apresiasi yang tinggi atas capaian serta pemaparan Smart City Kabupaten Batang yang dilakukan secara sistematis. 

“Sehingga filosofi kota cerdas sudah terpadu dengan program kerja yang ada dalam RPJMD. Harapannya Pemkab Batang terus konsisten mengikuti kegiatan evaluasi Smart City serta meningkatkan penyelenggaraannya setiap tahunnya,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Jumadi)