Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / PPID Desa Tak Perlu Khawatir Ketika Dimintai Informasi Masyarakat

Berita

PPID Desa Tak Perlu Khawatir Ketika Dimintai Informasi Masyarakat

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Informasi Publik, agar para Pejabat PPID Desa memiliki kesamaan persepsi, sehingga dapat memahami dan mempunyai itikad yang baik, terhadap setiap permohonan informasi yang diminta oleh masyarakat di Aula Kecamatan Bandar, Rabu (10/4/2019).

“Kita terbuka saja, tidak perlu ada kekhawatiran ketika ada masyarakat yang ingin meminta informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa, selama itu memang harus diberikan, silakan disampaikan,” kata Puji Setyowati, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik yang sekaligus menjabat sebagai PPID Utama.

Puji mengatakan, dalam Bimtek kali ini kami juga memberikan pedoman tentang pengelolaan dan layanan informasi publik, oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat.

“Tujuan lainnya juga sebagai wahana pemenuhan hak masyarakat terhadap informasi yang ada di dalam pemerintahan desa,” tuturnya.

Menurutnya, masyarakat mempunyai peranan untuk mengawasi terhadap segala sesuatu yang dilakukan Pemerintah Desa, baik di bidang pembangunan, keuangan hingga kebijakan-kebijakan yang memihak masyarakat.

“Supaya di kemudian hari desa itu tidak akan mengalami hal-hal yang rancu atau tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Puji mengucapkan terima kasih kepada aparat desa yang memberikan respon positif dengan langsung mempraktikkan, ketika diberikan meteri tentang tata kelola informasi publik.

“Mereka sudah bisa mengunggah informasi ke website PPID Desa. Dari 238 desa, sekitar 85% sudah memiliki website,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, setelah mengikuti Bimtek ini Pemerintah Desa melalui menu PPID Desa di website, dapat menampilkan semua informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, termasuk realisasi penggunaan dana desa, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.

Selain oleh PPID Utama, Puji Setyowati, materi tata kelola informasi publik juga disampaikan oleh Chefi Sandriyarka selaku staf PPID.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Sekretaris Camat Bandar dan diikuti oleh masing-masing desa yang mengirimkan Sekretaris Desa beserta satu orang tenaga admin pengelola data informasi desa.

Bimtek kali ini merupakan gelaran yang kedua, setelah sebelumnya diselenggarakan di Kecamatan Wonotunggal. Dan akan dilanjutkan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Batang. (Mc Batang Jateng/Heri)