Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / 53 Tahun, Pemkab Batang Melaunching “Batang Smart Region”

Berita

53 Tahun, Pemkab Batang Melaunching “Batang Smart Region”

Di usia ke-53 Pemerintah Kabupaten Batang terus membenahi diri melalui fasilitas layanan publik yang terus ditingkatkan kualitasnya, seperti dibukanya stasiun Batang sebagai tempat pemberhentian kereta api dan layanan pembuatan paspor. Lebih dari itu, ternyata ada kado istimewa dengan dilaunchingnya layanan aplikasi Batang Smart Region oleh Bupati Batang Wihaji didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jamal Abdul Naser.

Usai menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Batang ke-53, di Alun-alun Kabupaten Batang, Senin (8/4/2019), Bupati Batang Wihaji menyampaikan, warga bisa langsung mengunduh aplikasi Batang Smart Region di telepon pintar masing-masing. Semua sudah lengkap dan semakin memudahkan masyarakat Batang dalam beraktivitas.

“Di dalamnya ada informasi tentang kuliner, kesehatan, destinasi pariwisata serta semua layanan publik sekarang ada di genggaman, sehingga dapat menyingkat waktu menjadi lebih efektif dan efisien,” paparnya.

Bupati Wihaji menambahkan, di usia ke-53 tahun ini masyarakat harus tetap membangun semangat optimisme, yang ditunjukkan dengan contoh, sehingga Kabupaten Batang ke depan semakin cepat maju.

Sementara itu, usai mendampingi Bupati Wihaji melaunching aplikasi Batang Smart Region, Kepala Diskominfo Kabupaten Batang, Jamal Abdul Naser mengutarakan, dalam rangka HUT Kabupaten Batang ke-53, Diskominfo melaunching aplikasi berbasis android yaitu Smart Region Batang yang menyajikan berbagai informasi.

“Aplikasi itu menyajikan informasi tentang pemerintahan, layanan publik, pariwisata, kuliner, UMKM. Bahkan bagi warga yang ingin menyervis motor atau mobil dan mencari dieler kendaraan ternama pun lengkap tersedia hanya dengan mengunduh aplikasi Batang Smart Region,” terangnya.

Jamal menjelaskan, aplikasi ini memudahkan masyarakat Batang maupun luar daerah, yang ingin berkunjung ke suatu tempat di Kabupaten Batang, langsung membuka Batang Smart Region dan selanjutnya tinggal mengikuti arahan dari aplikasi itu.

Ia juga menambahkan, ada satu kemudahan lagi yang diberikan Pemkab Batang kepada warga maupun pengusaha dari luar daerah untuk mengetahui segala informasi tentang tata ruang, cukup menggunakan aplikasi Batang Smart Spatial System yang ada di telepon pintar, sebelum berinvestasi di Kabupaten Batang.

“Para calon investor bisa melihat warna yang tertera di aplikasi . Batang Smart Spatial System berwarna hijau berarti diperbolehkan, tetapi jika warnanya merah itu berarti tata ruang di sana termasuk lahan produktif yang tidak diperbolehkan untuk dibangun sebuah pabrik,” jelasnya.

Manfaatnya tentu dapat mengefektifkan dan mengefisienkan waktu para calon investor , karena untuk mengetahui segala informasi tentang tata ruang di Kabupaten Batang, tidak perlu repot-repot harus datang, sebab semuanya sudah tersedia di aplikasi  Batang Smart Spatial System   yang dapat diunduh melalui playstore. (Mc Batang Jateng/Heri)