Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Pencanangan Zona Integritas BPS Batang, Tingkatkan Kualitas Data

Berita

Pencanangan Zona Integritas BPS Batang, Tingkatkan Kualitas Data

Badan Pusat Statistik (BPS) mencanangkan Zona Integritasi menuju Wilayah Bebas Korupsi, untuk mewujudkan peningkatan kualitas data pembangunan di Kabupaten Batang. Wakil Bupati Batang Suyono menyampaikan, apresiasi terhadap zona integritas yang dicanangkan oleh BPS. Pemkab akan menunggu hasil nyata yang diharapkan akan berpengaruh positif bagi akurasi data. “Ini akan menjadi penilaian tersendiri karena zona integritas dibentuk untuk menjadikan para pegawai BPS memiliki akuntabilitas yang baik dan berkualitas, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat,” harap Wakil Bupati Suyono usai mengikuti Pencanangan Zona Integritas BPS, di Ruang Comand Center Kabupaten Batang, Kamis (18/6/2020).

Lebih lanjut, Wakil Bupati menerangkan, apabila data yang dihasil akurat, tentu  dapat memberikan informasi seluas-luasnya, seperti data pertumbuhan ekonomi Kabupaten Batang.

Pada kesempatan yang sama, Suyono juga mengimbau agar pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) dapat berjalan lancar.

“SP2020 secara online sudah dilaksanakan dengan hasil yang belum maksimal karena ada sebagian masyarakat yang tidak memiliki gawai. Maka SP2020 akan kembali digelar secara door to door,” tutur Wakil Bupati.

Masyarakat harus dapat menerima dengan senang hati. Dan dari sisi para pendata pun harus menerapkan cara-cara yang baik, dipenuhi dengan rasa tanggung jawab dan kejujuran, agar memperoleh akurasi data yang tepat, sesuai harapan Negara.

“Di masa New Normal nanti tentu tidak semua bisa dilakukan, tapi harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan,” tegas Wakil Bupati Suyono.

Kepala Dinas Kominfo Batang, Jamal Abdul Naser mengatakan, zona integritas merupakan cara untuk menilai kinerja dari suatu organisasi. Maka pencanangan yang dilaksanakan oleh BPS agar menghasilkan data yang berkualitas dan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Keakuratan data ini sangat penting, karena salah satu hasilnya digunakan untuk mendukung perencanaan pembangunan, sehingga hasilnya bisa memenuni target sesuai visi misi Bupati Wihaji,” ungkap Jamal.

Salah satu sudut pandang pelayanan, adalah SP2020, maka Jamal mengharapkan para petugas dari BPS baik secara etika saat berkunjung ke tengah-tengah masyarakat harus memperhatikan situasi di masa pandemi Covid-19.

“Perhatikan betul protokol kesehatan, ajukan pertanyaan secara detail data kepada warga, agar hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dalam bentuk pembangunan dan kesejahteraan yang makin meningkat,” terang Jamal Abdul Naser.

Sementara itu, melalui sambungan virtual, Kepala BPS Batang, Eddy Prawoto menyampaikan, ada beberapa sasaran yang ingin dicapai melalui zona integritas. Di antaranya terwujudnya akuntabilitas yang baik, pemerintahan yang bersih dari korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“BPS selalu siap bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Batang dalam mewujudkan zona integritas secara tulus dan ikhlas. Semoga Allah Ta’ala meridhoi niat baik kita ini, demi menciptakan kesejahteraan masyarakat,” harap Eddy Prawoto. Mc Batang Jateng/Heri)