Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Bupati Batang: Data Merupakan Kekuatan Utama Pembangunan

Berita

Bupati Batang: Data Merupakan Kekuatan Utama Pembangunan

Batang Dalam mendukung Sensus Penduduk (SP) 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang menggelar Rapat Koordinasi bersama jajaran Pemerintahan Kabupaten Batang di Aula Kantor Bupati Batang, Senin (17/2/2020).

Bupati Batang Wihaji yang turut hadir dalam acara mengatakan, kepada jajarannya untuk turut menyukseskan SP 2020, karena ini adalah program nasional untuk menghasilkan data yang merupakan kekuatan utama pembangunan.

“Data inilah yang akan mempengaruhi Kabupaten Batang ke depan ketika kita selaku Pemda saat akan memberikan regulasi atau kebijakan khususnya berkenaan dengan pendidikan, kesehatan, dan perumahan,” jelasnya.

Bupati juga menjelaskan, ada tiga model SP 2020 yaitu CAWI (Computer Assisted Web Interviewing), CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing), dan PAPI (Paper and Pencil Interviewing).

“CAWI merupakan sistem online, masyarakat cukup mengakses melalui website http://sensus.bps.go.id dan mengisi form yang ada, CAPI merupakan sistem online yang bedanya petugas akan ikut mendampingi masyarakat untuk mengisi form, sedangkan PAPI merupakan sistem manual atau menggunakan kertas angket,” terangnya.

Ia berharap, data ini disajikan secara jujur dan benar, sehingga menghasilkan data yang valid dan menggambarkan situasi Kabupaten Batang.

Sementara, Kepala Bidang Statistik Provinsi Jawa Tengah Sri Pujiastuti, mengatakan mimpi besar untuk mewujudkan Indonesia Maju yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo juga membutuhkan data yang valid.

“Data sangat dibutuhkan dalam pembangunan, namun selama ini mungkin masyarakat kurang menyadari hal tersebut,” ujarnya.

Sri Pujiastuti menegaskan data yang bisa menjadi kebijakan itulah yang dibutuhkan dalam pembangunan nasional maupun daerah. (MC Batang, Jateng/Ardhy/Jumadi)