Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Dinas Kesehatan Jadi Badan Publik Terbaik di Batang

Berita

Dinas Kesehatan Jadi Badan Publik Terbaik di Batang

Bupati Batang Wihaji memberikan penghargaan kepada Badan Publik Perangkat Daerah dan Badan Pubkik Pemerintah Desa, setelah melalui berbagai penilaian dan pertimbangan dengan standar nilai yang ditentukan, maka terpilihlah Badan Publik Terbaik Tingkat Kabupaten Batang 2019, di hadapan ratusan peserta upacara Hari Santri Nasional, di Alun-alun Kabupaten Batang, Selasa (22/10/2019).

Menurut Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, Puji Setyowati yang juga selaku Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Batang, keterbukaan informasi bagi badan publik sangat penting dan harus dipublikasikan kepada masyarakat.

“Tujuan diumumkannya Penghargaan Keterbukaan Badan Publik pada saat upacara Hari Santri Nasional, agar bisa diketahui oleh khalayak ramai. Karena pesertanya selain dari pemerintah daerah dan pemerintah desa, ada pula kelembagaan lain, seperti organisasi kemasyarakatan, pelajar dan mahasiswa,” paparnya.

Puji menerangkan, pada penerimaan Penghargaan Badan Publik Terbaik yang diberikan langsung oleh Bupati Batang Wihaji, terdapat dua kelompok, yaitu Badan Publik Perangkat Daerah dan Badan Publik Pemerintah Desa.

“Untuk Badan Publik Pemerintah Daerah peringkat pertama diraih oleh Dinas Kesehatan dengan kategori Informatif Pertama, peringkat kedua diraih oleh Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan dan peringkat ketiga diraih oleh Dinas Sosial. Dan peringkat keempat hingga kesepuluh termasuk dalam kategori Menuju Informatif dan  Cukup Informatif,” terangya.

Sedangkan untuk Badan Publik Pemerintah Desa peringkat pertama diraih oleh Pemerintah Desa Kemiri Barat dengan kategori Informatif Pertama, peringkat kedua diraih oleh Pemerintah Desa Kalipucang Wetan dan peringkat ketiga diraih oleh Pemerintah Desa Candi.

“Indikator penilaian yang diberikan dewan juri terhadap mereka yang memperoleh penghargaan Badan Publik Terbaik, karena ada poin penilaian lebih. Salah satunya ada inovasi yang diciptakan oleh Badan Publik yaitu kecepatan dalam pelayanan informasi kepada masyarakat, melalui pengembangan aplikasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, dr. Hidayah Basbeth mengutarakan, seluruh informasi yang dibutuhkan masyarakat tentang segala pelayanan dari Dinas Kesehatan, semuanya telah tersedia.

“Termasuk aplikasi unggulan Public Safety Center (PSC) 119, yang memberikan pertolongan kepada masyarakat secara cepat,” ungkapnya.

Hanya saja, lanjutnya, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ke depan harus dilengkapi dengan pelayanan dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Batang. Hal itu perlu dilakukan untuk menambah nilai saat akan diikutkan dalam Pemeringkatan Badan Publik Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Bagi badan pubkik yang akan maju ke tingkat provinsi, tetap harus mendapat pendampingan dari PPID Utama. Kabupaten Batang mengusulkan dua Organisasi Perangkat Daerah yakni Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, sebab keduanya membidangi urusan wajib pelayanan dasar. Sedangkan Pemerintah Desa yang diusulkan maju ke tingkat provinsi yakni Desa Kemiri Barat, Kalipucang Wetan, Candi, Brokoh, Limpung dan Surjo. (Mc Batang Jateng/Heri)