Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Berita : Terbaik Kedua Nasional, Diskominfo Batang Jadi Rujukan Subang Belajar SPBE

Berita

Terbaik Kedua Nasional, Diskominfo Batang Jadi Rujukan Subang Belajar SPBE

Batang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo Kabupaten Batang untuk belajar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Analitik Media, Kantor Diskominfo Kabupaten Batang, Jumat (30/8/2019).

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Subang Sri Novia, mengatakan kunjungan kerja bertujuan untuk menimba ilmu dan wawasan yang berkaitan dengan SPBE sekaligus smart city.

“Untuk sementara, indeks SPBE di Kabupaten Subang masih berada di bawah, dengan nilai  1,8. Oleh karena itu, kita berkunjung ke Batang karena dinilai lebih baik dalam SPBE dan smart city,” terangnya.

Harapannya, Kabupaten Subang lebih fokus ke SPBE serta smart city, dan ilmu yang tadi sudah diterima dapat diimplementasikan dengan baik.

“Selain itu, ke depannya kita juga akan mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kabupaten Batang berkaitan dengan beberapa kegiatan SPBE dan smart city,” ujarnya.

Sedangkan, Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Kabupaten Subang karena sudah berkunjung dan belajar bersama terkait SPBE dan smart city di Batang.

Alhamdulillah, tim dari Diskominfo Kabupaten Subang mengapresiasi dan tertarik dengan beberapa program kegiatan, baik itu aplikasi tentang BRICS (Batang Resources Integration and Collaboration System) yang nantinya akan dilakukan MoU antara Kabupaten Batang dan Subang,” jelasnya.

Berkaitan dengan implementasi SPBE, lanjutnya, mengingat Subang masih di bawah juga akan dilakukan kerjasama berkaitan dengan pengembangan SPBE.

“MoU kan dilaksanakan secepatnya, insyaAllah dalam waktu dekat mungkin bulan September 2019 ini, nanti kita koordinasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” sambungnya.

Ia menerangkan, untuk ideks SPBE di Kabupaten Batang mendapat skor 3,39 atau terbaik kedua nasional tingkat Kota/Kabupaten dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI) setelah Banyuwangi.

“Untuk tindak lanjutnya, nanti pada tanggal 21-28 September 2019, Pemkab Batang diberikan kesempatan untuk melakukan capacity building ke Korea Selatan,” ujarnya.

Jamal menambahkan, dengan kesempatan ini mudah-mudahan dapat menambah semangat bagi Pemkab Batang untuk lebih baik lagi berkaitan dengan SPBE. (MC Batang, Jateng/Ardhy)

Bagikan ke Jejaring Sosial