Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Berita : Program Sadar Data untuk Menghasilkan Data Berstandarisasi

Berita

Program Sadar Data untuk Menghasilkan Data Berstandarisasi

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Data Sektoral Kecamatan sebagai Bahan Informasi Menuju Perangkat Sadar Data, di Ruang Sigandu Bapelitbang Kabupaten Batang, Rabu (31/7/2019).

Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengemukakan, bimtek ini diselenggarakan agar semua perangkat daerah termasuk kecamatan dan desa dapat melaksanakan secara terstruktur sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia.

“Yaitu satu data berstandar, satu metadata statistik sektoral yang baku, interoperabilitas data dan referensi data,” tuturnya.

Sementara dalam sambutannya, Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Batang, Ripyono mengharapkan, agar semua perangkat daerah melaksanakan pengelolaan data sektoral sesuai peraturan, sehingga akan tercapai tata kelola data yang diharapkan.

“Perangkat daerah diharapkan mengetahui pengelolaan data sektoral yang dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data dan penyajian data, sebagai bagian dari langkah pengambilan kebijakan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPS Batang, Tina Wahyufitri mengutarakan, program Sadar Data akan dilaksanakan selama 100 hari, kepada Diskominfo Batang, selanjutnya siap memberikan pelatihan kepada perangkat kecamatan untuk menghasilkan data yang berstandar.

“BPS dan pemerintah daerah banyak menggunakan data dari kecamatan dan desa, sehingga jika datanyan berstandar, pasti akan diiringi dengan data yang kualitas,” ungkapnya.

Tina menambahkan, program Sadar Data akan dimasukkan ke dalam kompetisi inovasi, yaitu kerja sama antara BPS dengan Diskominfo. (Mc Batang Jateng/Heri)

Bagikan ke Jejaring Sosial