Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Satu-satunya Kabupaten di Jawa Tengah, SPBE Pemkab Batang Raih Predikat Baik

Berita

Satu-satunya Kabupaten di Jawa Tengah, SPBE Pemkab Batang Raih Predikat Baik

Batang - Kabupaten Batang menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang meraih predikat baik pada evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan itu diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan kecepatan pelayanan dan teknologi menjadi kunci sistem pemerintahan yang berhasil.

“Karena itu, maka sistem yang banyak, apakah e-Budgeting, atau e-Control, e-Audit yang macam-macam harus kita pergunakan, harus berubah dan banyak perubahan yang efektif,” katanya.

Menurutnya, dengan perkembangan teknologi internet, perilaku masyarakat dan pelayanan banyak berubah dalam berbagai sektor baik hal perizinan, perbankan hingga perpajakan.

“Selain membutuhkan sistem pengelolaan digital yang baik di suatu institusi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat juga harus dilakukan,”

Untuk berkoordinasi antar instansi pemerintahan, Wapres juga berharap ada jaringan komunikasi nasional yang dapat mengintegrasikan informasi baik antar kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah.

“Harapan kita adalah bagaimana suatu bangsa bisa lebih terpadu, bisa lebih efisien, bisa lebih cepat. Komunikasi layanan bisa lebih baik dan ada standarisasi,” katanya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengatakan, penghargaan ini dalam rangka Pemkab ingin mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efisien, tranparan dan akuntabel. Sehingga, dengan SPBE ini pemerintah akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat.

“Alhamdulillah pada evaluasi SPBE ini, Kabupaten Batang meraih predikat baik dengan nilai 3, 39, ini berkat perjuangan seluruh masyarakat Kabupaten Batang itu snediri,” ujarnya.

Pelayanan yang ada di Batang sendiri lanjutnya, sudah mempunyai layanan e-planning dan e-budgeting sampai dengan simpelbang dan e-sakip yang sudah berjalan sejak tahun 2017. Bahkan, sudah banyak Kabupaten/Kota yang sudah MoU dengan kita berkaitan dengan aplikasi ini.