Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Diskominfo Batang Minta OPD Gunakan Jaringan Internet Corporate

Berita

Diskominfo Batang Minta OPD Gunakan Jaringan Internet Corporate

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang semula berlangganan jaringan internet secara individu, di tahun 2019 mulai beralih menggunakan jaringan internet jenis corporate internet secara individu, di tahun 2019 mulai beralih menggunakan jaringan internet jenis corporate.

Kepala Diskominfo Kabupaten Batang, Jamal Abdul Naser saat ditemui di Kantor Diskominfo Kabupaten Batang, Selasa (22/1/2019) menyampaikan, dikarenakan kita sudah memasuki era integrasi, dimana pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi berada di bawah Diskominfo akan memberlakukan langganan internet model corporate.

“Keuntungan model corporate jika suatu saat terjadi kerusakan, pelayanan perbaikan akan dilakukan lebih cepat. Dan di tahun 2020, langganan internet di masing-masing OPD, akan diubah menjadi intranet,” katanya.

Jamal menjelaskan, intranet artinya berlangganan internet yang difokuskan sesuai dengan tugas dan fungsi kami, yang berlangganan hanya satu yaitu atas nama Diskominfo. Kelebihannya untuk integrasi segala sistem aplikasi lebih mudah, menjaga kestabilan bandwidth dan keamanan informasi yang terjamin.

“Nanti akan dipetakan berapa jumlah kebutuhan masing-masing OPD oleh petugas operator yang dapat memonitor,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government Indah Paramita menambahkan, evaluasi jaringan internet perlu dilakukan karena di masing-masing OPD masih mengalami permasalahan terkait infrastruktur jaringan, baik internet maupun intranet.

“Diharapkan dengan penggunaan internet corporate, Diskominfo dapat mengkover segala permasalahan di semua OPD,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, Diskomimfo menginisiasi kepada OPD yang selama ini berlangganan internet secara individu agar diganti menjadi corporate. Harapannya pelayanan yang diberikan PT. Telkom menjadi lebih baik, suatu ketika ada gangguan, lebih cepat tertangani. (MC Batang, Jateng/Heri/Ardhy/Eyv)