Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Delapan Prakom Siap Dukung Kesuksesan Smart City Batang

Berita

Delapan Prakom Siap Dukung Kesuksesan Smart City Batang

Batang - Sebanyak delapan Aparatur Sipil Negara (ASN) Jabatan Fungsional Pranata Komputer (Prakom) telah dimutasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang untuk ikut berpartisipasi menyukseskan program Smart City dan Smart Village supaya dapat terwujud dengan cepat, serta pelayanan kepada masyarakat pun makin efisien.

Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser, saat ditemui di Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (17/1/2019) menyampaikan, salah satu tugas pokok dan fungsi pada Diskominfo adalah mengembangkan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang salah satu pendukung utamanya yairu sumber daya manusia yang berlatar belakang ilmu teknologi informasi.

“Sehingga dengan adanya mutasi Prakom sebanyak delapan orang dari berbagai macam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke Diskominfo untuk membantu rekan-rekan ASN lain yang juga mempunyai kompetensi sama, dalam mewujudkan visi misi Bupati Wihaji yaitu Smart City,” ujarnya.

Jamal menegaskan, beberapa waktu lalu dilakukan pertemuan intern dengan kedelapan Prakom untuk pembagian tugas sesuai kompetensi masing-masing. Sehingga para Prakom itu memiliki pola tugas yang fokus yang bertujuan untuk penilaian prestasi kerja sebagai salah saru syarat pengangkatan atau kenaikan jabatan.

“Kedelapan Prakom itu menangani beberapa bidang antara lain jaringan teknologi informasi (TI), website, keamanan informasi dan pembuatan aplikasi program,” terangnya.

Jamal mengharapkan, dengan pembagian kinerja itu, akan menambah pengembangan TI yang semakin hari semakin baik. Terlebih Kabupaten Batang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City, di tahun pertama banyak program berbasis TI dan non TI dengan harus memenuhi target yang ditentukan.

Ia menambahkan, meskipun sudah dipindahtugaskan di Diskominfo, tidak menutup kemungkinan, apabila ada dinas atau instansi lain yang membutuhkan bantuan secara teknis, semua ASN yang berkompeten di bidang TI siap membantu dengan kemampuan yang dimiliki.

“Saya harapkan untuk teman-teman Prakom berkomitmen kuat dengan tugas-tugas yang diemban dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,” himbaunya.

Terkait pengembangan kompetensi, lanjutnya, secara bertahap mereka akan diikutsertakan dalam diklat sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Sementara itu ditemui secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang Alimuddin mengutarakan, mutasi beberapa ASN di Diskominfo adalah dalam rangka penempatan seauai dengan hasil dari Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK).

“Setiap ASN harus mempunyai jabatan dan nama jabatan serta bidang tugas yang dibutuhkan sesuai orientasi tiap OPD,” tuturnya.