Layanan 112 Diskominfo Batang Jadi Rujukan Dinkominfo Demak
Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama dalam melayani masyarakat, melalui Layanan Call Center 112 Dinas Kominfo Kabupaten Batang menjadikan Dinkominfo Kabupaten Demak termotivasi untuk mengadopsi prinsip itu, dengan berkunjung langsung ke Ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Batang, Selasa (8/9/2020).
Kepala Dinkominfo Demak, Endah Cahyarini mengakui, bahwa Diskominfo Batang dalam
pelayanan informasi dan komunikasi lebih dahulu dibanding Demak. Dari segi tipe
Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun Diskominfo Batang berada pada tipe B,
sedangkan Demak tipe C, sehingga layak untuk menjadi rujukan.
“Call Center 112 dari Diskominfo Batang kami perhatikan berjalan dengan lancar hingga
berhasil dilaunching, sedangkan Dinkominfo Demak sedang berproses hingga akhir tahun
2020 dan direncanakan awal tahun 2021 segera dilaunching,” katanya.
Pihaknya mengambil banyak pelajaran dari pelayanan dan penanganan melalui Call Center
112 Diskominfo Batang. Bahwa ternyata pemanfaatan Call Center 112 tidak hanya terfokus
pada layanan kegawatdaruratan saja, tetapi masyarakat pun membutuhkan berbagai
informasi lainnya.
“Hal itu menjadi masukan bagi kami, bahwa petugas Call Center pun harus paham apa yang
terjadi di wilayah sekitarnya,” ujarnya.
Melihat perkembangan Call Center 112 di Batang, ternyata terdapat informasi tentang
penanganan Covid-19. Maka tenaga-tenaga ahli kami pun harus mengadopsi pola-pola
yang dilakukan Diskominfo Batang untuk diaplikasikan di Dinkominfo Demak.
“Kami tidak bisa berprinsip seperti “Katak Dalam Tempurung”, hanya puas dengan apa yang
dipunyai. Artinya kami harus memiliki respon yang sangat tinggi terhadap lingkungan,”
tegasnya.
Tak hanya itu, Dinkominfo Demak juga terinspirasi gerak cepat yang dimiliki Tim Media
Center Diskominfo Batang. Sementara ini, pihaknya hanya memiliki Tim Gerak Cepat yang
melakukan peliputan apabila ada informasi penting di lapangan.
“Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan OPD, kami sudah memiliki sejumlah admin yang tiap
minggu memberikan informasi berbentuk rilis, lalu dijumlah secara keseluruhan setiap
bulannya bisa mencapai 2 ribu - 3 ribu berita. Namun untuk pengelolaan kami perlu belajar
dari Media Center Batang, sehingga pengiriman berita ke Jatengprov.go.id dan Infopublik.id
bisa setara dengan Kabupaten Batang,” terangnya.
Ia mengharapkan, jika masing-masing Kabupaten/Kota saling berbagi melalui kelebihannya
tentu akan dapat memajukan Provinsi Jawa Tengah dan Indonesia.
Sementara itu, Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul Naser mengatakan, Diskominfo
selalu dengan tangan terbuka untuk saling berbagi pengalaman, terutama sebagai referensi
Dinkominfo Demak dalam mengembangkan Layanan Call Center 112.
“Alhamdulillah Layanan Call Center 112 Kabupaten Batang menempati urutan ke-4 setelah
Kota Semarang, Grobogan dan Pekalongan,” ujarnya.
Menurutnya, Layanan Call Center 112 merupakan peningkatan pelayanan kepada
masyarakat, khususnya kegawatdaruratan. Seperti kejadian kebakaran, kesehatan bahkan
yang berkaitan dengan Covid-19, masyarakat dapat memanfaatkan Layanan Call Center
112.
Terkait kiprah Media Center di Infopublik.id, Jamal membeberkan kiat-kiat menyampaikan
informasi, memberdayakan tim yang memiliki semangat tinggi.
“Tim Media Center Batang kadang-kadang peliputannya hingga di luar jam kerja, jika tidak
betul-betul mendalami tugasnya, tidak akan berhasil. Alhamdulillah Batang berhasil
memperoleh penghargaan untuk Media Center Tingkat Daerah,” tandasnya. (Mc Batang/Her)