Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang / Berita / Layanan 112 Diskominfo Batang Jadi Rujukan Dinkominfo Demak

Berita

Layanan 112 Diskominfo Batang Jadi Rujukan Dinkominfo Demak

Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama dalam melayani masyarakat, melalui Layanan Call Center 112 Dinas Kominfo Kabupaten Batang menjadikan Dinkominfo Kabupaten Demak termotivasi untuk mengadopsi prinsip itu, dengan berkunjung langsung ke Ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Batang, Selasa (8/9/2020).

Kepala Dinkominfo Demak, Endah Cahyarini mengakui, bahwa Diskominfo Batang dalam

pelayanan informasi dan komunikasi lebih dahulu dibanding Demak. Dari segi tipe

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun Diskominfo Batang berada pada tipe B,

sedangkan Demak tipe C, sehingga layak untuk menjadi rujukan.

“Call Center 112 dari Diskominfo Batang kami perhatikan berjalan dengan lancar hingga

berhasil dilaunching, sedangkan Dinkominfo Demak sedang berproses hingga akhir tahun

2020 dan direncanakan awal tahun 2021 segera dilaunching,” katanya.

Pihaknya mengambil banyak pelajaran dari pelayanan dan penanganan melalui Call Center

112 Diskominfo Batang. Bahwa ternyata pemanfaatan Call Center 112 tidak hanya terfokus

pada layanan kegawatdaruratan saja, tetapi masyarakat pun membutuhkan berbagai

informasi lainnya.

“Hal itu menjadi masukan bagi kami, bahwa petugas Call Center pun harus paham apa yang

terjadi di wilayah sekitarnya,” ujarnya.

Melihat perkembangan Call Center 112 di Batang, ternyata terdapat informasi tentang

penanganan Covid-19. Maka tenaga-tenaga ahli kami pun harus mengadopsi pola-pola

yang dilakukan Diskominfo Batang untuk diaplikasikan di Dinkominfo Demak.

“Kami tidak bisa berprinsip seperti “Katak Dalam Tempurung”, hanya puas dengan apa yang

dipunyai. Artinya kami harus memiliki respon yang sangat tinggi terhadap lingkungan,”

tegasnya.

Tak hanya itu, Dinkominfo Demak juga terinspirasi gerak cepat yang dimiliki Tim Media

Center Diskominfo Batang. Sementara ini, pihaknya hanya memiliki Tim Gerak Cepat yang

melakukan peliputan apabila ada informasi penting di lapangan.

“Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan OPD, kami sudah memiliki sejumlah admin yang tiap

minggu memberikan informasi berbentuk rilis, lalu dijumlah secara keseluruhan setiap

bulannya bisa mencapai 2 ribu - 3 ribu berita. Namun untuk pengelolaan kami perlu belajar

dari Media Center Batang, sehingga pengiriman berita ke Jatengprov.go.id dan Infopublik.id

bisa setara dengan Kabupaten Batang,” terangnya.

Ia mengharapkan, jika masing-masing Kabupaten/Kota saling berbagi melalui kelebihannya

tentu akan dapat memajukan Provinsi Jawa Tengah dan Indonesia.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul Naser mengatakan, Diskominfo

selalu dengan tangan terbuka untuk saling berbagi pengalaman, terutama sebagai referensi

Dinkominfo Demak dalam mengembangkan Layanan Call Center 112.

“Alhamdulillah Layanan Call Center 112 Kabupaten Batang menempati urutan ke-4 setelah

Kota Semarang, Grobogan dan Pekalongan,” ujarnya.

Menurutnya, Layanan Call Center 112 merupakan peningkatan pelayanan kepada

masyarakat, khususnya kegawatdaruratan. Seperti kejadian kebakaran, kesehatan bahkan


yang berkaitan dengan Covid-19, masyarakat dapat memanfaatkan Layanan Call Center

112.

Terkait kiprah Media Center di Infopublik.id, Jamal membeberkan kiat-kiat menyampaikan

informasi, memberdayakan tim yang memiliki semangat tinggi.

“Tim Media Center Batang kadang-kadang peliputannya hingga di luar jam kerja, jika tidak

betul-betul mendalami tugasnya, tidak akan berhasil. Alhamdulillah Batang berhasil

memperoleh penghargaan untuk Media Center Tingkat Daerah,” tandasnya. (Mc Batang/Her)